Syarat Menjadi Blogger Wajib Kamu Tahu

 
Syarat Menjadi Blogger
Syarat Menjadi Blogger Wajib Kamu Tahu
Bergesernya zaman telah banyak membawa perubahan terhadap sektor ekonomi dan sosial masyarakat saat ini. Salah satunya adalah kondisi di mana orang-orang cenderung lebih aktif di media Maya daripada dunia nyatanya. Dalam hal ini, tidak sedikit orang yang telah mampu membaca kondisi dan mampu mengambil langkah cepat untuk memperoleh beberapa keuntungan. 

Adapun salah satu keuntungan tersebut adalah memanfaatkan platform blogging untuk membangun website atau blog. Pada poin ini kita bisa melihat realita, di mana banyak sekali individu yang mencoba terjun ke dunia blogging untuk menghasilkan uang. Meski tidak ada yang salah, namun perlu kita perhatikan bahwa ada beberapa poin penting yang setidaknya harus dimiliki oleh mereka yang ingin terjun ke dunia blogging. 



Syarat Menjadi Seorang Blogger

Berikut dibawah ini telah kami rangkum beberapa poin penting yang merupakan syarat utama bagi seorang blogger.

Memiliki Tingkat Literasi Yang Baik

Gaji seorang blogger memiliki tingkat literasi yang baik adalah poin yang cukup penting. Sebuah tulisan yang dihasilkan dari seseorang yang tidak memahami tata bahasa dengan baik tentunya dapat menimbulkan kerancuan, kesalahpahaman, makan dapat mengakibatkan kesalahan fatal. Menjadi seorang blogger mungkin terkesan remeh, tapi perlu diketahui bahwa tulisan yang kita hadirkan akan dianggap menjadi panduan bagi mereka yang membutuhkan informasi tersebut. Oleh sebab itu, ketika kita menghadirkan informasi yang keliru, hal tersebut akan membawa dampak negatif terhadap para pembaca yang mempraktekkan apa yang kita sampaikan. Oleh karenanya, sebelum kita terjun ke dalam dunia penulisan dalam hal ini blogging, mari kita benahi tata bahasa kita agar tak menimbulkan kesalahahfahaman. 

Memiliki Kemampuan Dasar Seputar Platform Yang Digunakan

Syarat menjadi seorang blogger yang kedua adalah memahami atau memiliki kemampuan dasar seputar platform yang kita gunakan. Hal ini tidak kalah penting, memiliki skill atau wawasan terkait parfum yang digunakan akan meningkatkan efisiensi waktu dalam menghasilkan. Dengan memiliki kemampuan dasar, umumnya seorang blogger akan mampu menghasilkan tampilan konten yang lebih user friendly. Bahkan bukan sekedar memperbaiki tampilan, seorang blogger yang memiliki kemampuan dasar terkait platform yang digunakan, umumnya akan lebih mampu dalam menghasilkan konten yang lebih ramah terhadap mesin pencari. Oleh karenanya, sebelum terjun mempublikasikan konten, mari benahi diri dengan beberapa skill terkait dunia blogging. 

Miliki Kreatifitas

Seorang blogger dituntut untuk menjadi pribadi yang kreatif. Mampu menghasilkan konten unik, menginspirasi, serta menghadirkan solusi bagi para pembacanya. Kreativitas ini dapat kita latih dengan banyak melakukan berbagai kegiatan. Seorang blogger yang kreatif bisa ditandai dari blog yang dikelolanya. Baik itu dari segi tampilan yang unik, konten yang selalu update, ataupun konten yang memiliki ciri khas. Mengingat kreativitas adalah hal yang penting, maka tidak ada salahnya kita masukkan poin ini sebagai salah satu syarat utama menjadi seorang blogger. 

Konsisten Dalam Menghasilkan Konten

Syarat menjadi blogger yang baik lainnya yaitu mampu untuk konsisten dalam menghasilkan konten. Ingat, ketika Anda memilih untuk bersaing di dunia blogging, sejatinya Anda tengah bersaing dengan ratusan ribu blogger lainnya untuk masuk ke halaman pertama Google. Google selaku mesin pencari, tentu tidak asal dalam merekomendasi konten kepada penggunanya. Untuk mendapat perhatian dari mesin pencari, salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoptimalkan SEO on-page website Anda. Selain optimasi on-page pada halaman konten, optimasi terhadap halaman utama perlu untuk anda lakukan, dan salah satu caranya adalah dengan melakukan update konten secara kontiniu, tanpa mengesampingkan kualitasnya. 

Sesuai Passion

Salah satu syarat menjadi blogger yang baik adalah mengelola konten sesuai dengan passion yang dimiliki. Bila anda tidak memiliki ketertarikan terjadi dunia memancing, sebaiknya hindari pembuatan konten terkait topik tersebut. Kenali dimana passion yang Anda miliki, olahraga, dan hasilkan konten berkualitas darinya. Menulis konten sesuai dengan passion akan membuat tulisan anda tampak lebih hidup dan bermakna. Tidak percaya? Buktikan..! 

Banyak Membaca

Sebagaimana yang telah kita jelaskan di atas, seorang blogger yang baik tentukan harus memiliki tingkat literasi yang baik, dan salah satu cara dalam meningkatkan kualitas literasi kita adalah dengan memperbanyak membaca. Seorang blogger yang banyak membaca akan menghasilkan konten yang cenderung lebih baik dibanding dengan blogger yang minim kosa kata. Tapi, dalam beberapa hal tentu sangat relatif. Sebagian blogger dituntut untuk menyampaikan informasi dengan tata bahasa yang baik sesuai dengan nice yang ia kelola. Namun, dalam beberapa keadaan, kosa kata yang tidak tertata dengan baik, tidak menjadi patokan utama. Selama bisa difahami, meski tidak terlalu baik, bukan menjadi masalah besar. Contohnya adalah artikel terkait tutorial blogging. 

Membangun Koneksi

Terjun ke dunia blogging bukan melulu soal menulis atau publishing konten. Ada beberapa faktor eksternal yang patut untuk kita perhatikan, salah satunya adalah membangun koneksi. Membangun koneksi antar sesama blogger tentu akan membawa dampak yang sangat positif. Selain dari aspek kemudahan dalam mendapatkan informasi, dengan koneksi yang baik, kita juga akan lebih mudah dalam membangun, serta mengembangkan sebuah website untuk menjadi lebih besar lagi. Oleh karenanya, pada poin ke-7 ini kami menyematkan mampu membangun koneksi sebagai salah satu syarat untuk menjadi blogger yang baik. 

Mungkin demikian saja tulisan singkat seputar syarat menjadi blogger yang baik. Semoga menjadi nasehat buat penulis sendiri, dan tentunya buat teman-teman yang baru saja memilih untuk terjun ke dunia blogging. Semoga berhasil. 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.