SEO dan Media Sosial Sebagai Optimasi Pada Mesin Pencari

Bagi seorang blogger, istilah SEO dan sosial media tentu sudah tidak asing pastinya. Tapi tahukah anda, sebenarnya ada saling keterlibatan antara SEO dan sosial media di dalam optimasi sebuah website? Nah, Pada kesempatan kali ini kami ingin sedikit menjelaskan tentang keterkaitan antara search engine optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO serta sosial media. 

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja simak artikel ini selengkapnya. 

SEO dan sosial media
SEO dan sosial media sebagai optimasi

Hubungan SEO dan Sosial Media Dalam Kacamata Optimasi Website

Berikut di bawah ini beberapa penjelasan terkait SEO dan sosial media terkait optimasi sebuah website. 

1. Dalam Hal Pengindexan

Mungkin sebagian kita pernah mengalami kesulitan dalam proses indexing artikel. Meski telah di submit secara manual berkali-kali tetap saja artikel tidak terindex. Jika memang hal tersebut anda alami, Salah satu cara yang mungkin bisa Anda coba adalah dengan melakukan sharing artikel ke sosial media. Mengapa? Menurut pengalaman beberapa blogger, dengan sharing artikel di sosial media dapat membantu proses pengindeksan artikel. Meskipun kami belum menemukan tulisan secara spesifik tentang mencari artikel akan membantu pengindeksan, Namun kami cukup sering menemukan atau mendapati bahwa salah satu indikator dalam optimasi Seo adalah dengan memperbanyak social signal. Social signal sendiri dapat kita peroleh dengan cara sharing artikel di sosial media. 

2. Membangun Otoritas

Seperti yang telah kita jelaskan bahwa salah satu indikator dari search engine optimization adalah adanya social signal. Semakin besar sinyal yang ditimbulkan dari sosial media terhadap website, hal tersebut akan memberi impact positif terhadap otoritas sebuah website pada mesin pencari. Ketika otoritas sebuah website pada mesin pencari telah baik, hal tersebut akan membantu keberlangsungan sebuah website untuk masuk ke halaman pertama hasil pencarian. Tentu saja, penulis pribadi belum pernah menemukan pemaparan para ahli terkait hal ini. Cuplikan teori di atas hanyalah opini pribadi penulis sebagai seorang blogger. Jadi, semua kembali kepada anda, ingin percaya atau tidak. 

3. Meningkatkan Brand Awareness

Bukan hanya dengan optimasi mesin pencari, pemanfaatan sosial media yang benar juga dapat berefek sama sebagaimana kita mengaplikasikan SEO pada website kita. Kita dapat meningkatkan brand awareness melalui perantara sosial media. Tentu saja, agar lebih optimal dibutuhkan beberapa teknik copywriting sebelum kita mempublikasikan artikel kita di sosial media. 

4. Membangun Interaksi dan Kedekatan

Salah satu manfaat dari sosial media di dalam optimasi sebuah website yaitu dapat membangun kedekatan dan interaksi antara user dengan pengelola website (admin). Kedekatan inilah yang nantinya akan menciptakan user-user terbaik, yang loyal terhadap website yang kita kelola. Jadi, ketika mereka membutuhkan sebuah informasi, yang pertama kali mereka ketik di mesin pencari bukan judul informasi, melainkan nama website kita. Hal ini dikarenakan, user yang telah loyal beranggapan bahwa didalam website kita terdapat informasi yang mereka cari.

Bagaimana? Ini hanyalah tulisan singkat terkait hubungan sosial media dengan SEO yang mungkin bisa diaplikasikan atau diambil informasinya untuk diterapkan pada website yang kita kelola. Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat dan membantu para pembaca dimanapun berada. Terima kasih atas keluangan waktunya dan sampai jumpa. 


Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.