Cara Membuat Subdomain Pada Blogspot

Hai sobat blogger dimana pun kalian berada, semoga hari hari kalian berjalan dengan lancar. Mungkin bagi sebagian blogger, permasalahan untuk memiliki sebuah domain adalah sesuatu yang cukup sulit karena keterbatasan dana. Alhasil, sebagian blogger tersebut yang ingin membangun sebuah blog terpaksa membuat subdomain di platform blogger. 

Memang sih, sebenarnya bukan masalah membuat blog dengan subdomain blogspot, hanya saja, kita juga sering mendapati setiap subdomain ingin kita daftarkan selalu saja sudah terpakai oleh pendahulu kita. Misal, kita ingin memiliki subdomain dengan nama teknologi.blogspot ternyata sudah dipakai, dan nama-nama subdomain populer lainnya. Lalu bagaimana solusinya? 


Teman-teman para pembaca dimana pun kalian berada. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, sebenarnya kita cukup berkorban untuk membeli sebuah domain TLD yang full control. Dimana nantinya dengan satu domain ini, kita bisa membuat subdomain dengan jumlah yang (mungkin) tidak ada batasnya. 

Dengan satu domain, sobat bisa membuat subdomain apapun, seperti:
teknologi.seokilat.com
kabar.seokilat.com
forum.seokilat.com
mantap.seokilat.com
cinta.seokilat.com
tutorial.seokilat.com

Dan subdomain lainnya bebas sesuka hati kamu. Oleh karena, tentu sangat menarik bukan? Hanya dengan satu domain kita bisa mendapatkan subdomain dengan nama apapun. Nah, kali ini kami akan berikan tutorial lengkapnya bagaimana cara membuat subdomain khususnya di platform blogger atau blogspot. Yuk ikuti selengkapnya di bawah ini. 

Cara Membuat Subdomain di Blogspot

Sebelum masuk ke step by step cara membuat subdomain blogspot, kami anggap kamu sudah mempunyai domain full control yah. Ohiya, kami anggap kamu juga sudah mempunyai blog dengan subdomain blogspot. Karena subdomain ini nanti akan kita arahkan ke subdomain baru kita. 

1. Masuk ke dasbor blogspot subdomain kamu. 
2. Klik menu "setelan"
3. Pilih tab "dasar"
4. Pilih "siapkan URL pihak ketiga"
Cara Membuat Subdomain

5. Buat nama domain (contoh : blog.seokilat.com) yang kamu inginkan. 
Cara Membuat Subdomain
Cara Membuat Subdomain Baru

6. Lalu klik simpan.

Setelah membuat nama subdomain, langkah berikutnya yaitu menyeting DNS manager pada domain. Tujuannya agar subdomain yang kita buat dapat diakses. Silahkan masuk ke dashboard tempat anda membeli domain, pilih domain tempat anda akan membuat subdomain, dan pilih tab DNS manager. 

7. Setelah masuk ke halaman DNS management domain kita, pilih tab "add record", isi form dan sesuaikan dengan gambar di bawah. 

  • Dikolom record type pilih CNAME
  • Dikolom sub domain isi nama subdomain yang kamu inginkan (contoh : blog) 
  • Dikolom 
  • Dikolom hostage isi ghs.google.com yang kita dapat saat membuat subdomain pada panel atau dashboard blogger. 
  • Dikolom TTL biarkan seperti biasa. 
  • Klik Save Record
8. Langkah berikutnya membuat save record baru, klik lagi add record. Kemudian isi sesuaikan dengan gambar dibawah ini. 
Cara Membuat Subdomain
Cara Membuat Subdomain

  • Dikolom record type pilih A Record. 
  • Dikolom name buat "www.subdomainkamu" (Karena subdomain saya "blog" Jadi gambar diatas "www.blog"
  • Dikolom TTL biarkan saja
  • Dikolom IPv4 isi nomor IP. Untuk nomor IP ini bisa kamu lihat di bawah ini:
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Karena ada 4 IP berarti kita mengisi add record sebanyak 4 kali yah. Selama mengisi add record pada sesi ini kolom type record, name, TTL nya tetap sama, yang berbeda hanya IP nya saja yang perlu kita ubah sebanyak 4  kali. Jika sudah diisi dengan benar, silahkan save. 

9. Setelah semua itu, sekarang kita balik ke halaman blogger kita yang tadi dimana kita membuat subdomain baru. Lihat gambar dii bawah. 
Cara membuat subdomain blogspot
Pada bagi yang saya beri tanda kotak, jangan dicentang, biarkan saja yah. Langsung saja klik "simpan". Ini penting, karena bila kamu centang akan berdampak pada domain utama kamu. Bisa-bisa domain utama kamu akan redirect ke subdomain baru kalau kamu centang. 

10. Selesai. 

Setelah selesai, jika subdomain belum bisa diakses, tunggu sekitar 10 menit, biasanya sedang terjadi propagasi atau perpindahan subdomain, dari yang lama ke yang baru. 

Sembari menunggu propagasi selesai, kita bisa ubah URL yang sebelumnya http menjadi https, agar akses ke blog baru kita lebih save. Pengaturan ini masih berada di "setelan" dashboard blogger. Lihat gambar di bawah ini. 
Cara Membuat Subdomain Pada Blogspot

Selesai sudah. 

Itulah cara membuat subdomain baru pada blogger, semoga bermanfaat dan membantu kamu yang ingin membuat blog baru dengan URL name yang keren. Terima kasih atas perhatian dan waktu yang disisihkan. Sampai jumpa pada artikel kami berikutnya. 

Penulis : Kontributor SEO Kilat
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.